Sabtu, 27 Juni 2015

Cara memulai bisnis tanpa modal

CARA MEMULAI BISNIS TANPA MODAL

Ada banyak cara yang beredar tentang motivasi bisnis.Sebagian ditulis para ahli,banyak ditulis oleh para pebisnis.Dan juga pengamat.Baik kaliber dunia maupun lokal.

  Contoh dari buku karya DR.H.MASYHARI SE MM, ini punya kelebihan,karena dilakukan oleh praktisi yang masih aktif hingga kini.Pelaku bisnis yang dimulai dari nol,dan melangkah ke jenjang sukses, bahkan meraih puncak sukses. FROM NOTHING TO SOMETHING,FROM ZERO TO  HERO..
  Membaca buku ini , Anda seperti ditemani usaha,dengan segala suka dukanya.Dengan segala liku-likunya.Ada banyak kontroversi yang bisa menyatu.
  Misalnya pebisnis jarang menimba ilmu resmi, sekolah kuliah, namun praktik langsung. Sedangkan penulis buku ini melakukan keduanya ,sambil bisnis juga sekolah,kuliah bahkan hingga jenjang S-2.Dan kini menjadi dosen.
  Selain itu ,buku 'JURUS KAYA ORANG MUSLIM'  ini mempertemukan antara dunia usaha dan ibadah. Selama ini,mereka yang berbisnis cenderung mengabaikan ibadah dan yang khusyu ibadah mengabaikan bisnis. Sedangkan penulis sukses menjalani keduanya.
  Para pebisnis pemula juga mengeluhkan tentang modal.Padahal,modal bukan segalanya.Sesungguhnya anda bisa memulai bisnis tanpa modal.
  Pengalaman membuktikan bahwa modal bukanlah segalanya,tapi tekad yang kuatlah yang mampu memodali  diri anda.
  Nabi besar Muhammad SAW adalah pebisnis tanpa modal. Kejujuran,ketulusan dan kepercayaan adalah modalnya.
  Beliau memegang teguh kepercayaan yang diberikan Siti Khadijah,seorang wanita saudagar yang sukses,sehingga dikemudian hari bukan hanya ikut tertular sebagai pedagang sukses,bahkan mampu menyunting sebagai isterinya.
  Di masa kini menyebutnya dengan istilah integritas (nilai pribadi), kredibilitas (jaminan kepercayaan),sebagai modal pedagang sehingga diparcaya untuk menjual produk tanpa jaminan, memasarkan aneka barang, menerima titipan produk untuk dijual,dst.
  Namun, sebelum itu , Anda wajib tahu siap saja dan apa saja yang dibutuhkan pelanggan, termasuk keunikan bisnis Anda dibanding kompetitor. Jika Anda pikir sudah punya jawaban atas ketiga pertanyaan ini, berarti Anda sudah bisa mulai usaha.
  Paling penting, jika produk Anda mengerucut,khas,memiliki segment khusus,maka perusahaan  investasi dan investor individual akan bermurah hati menginvestasikan uang mereka pada bisnis anda.
  Ide bisnis juga modal. Jaringan, hubungan baik dengan banyak teman dari berbagai kalangan juga modal.
  Modal dalam bisnis penting disiapkan. Secara tegas dalam Al-Qur'an bahwa seorang muslim harus menyiapkan segala sesuatunya dalam menghadapi kenyataan yang akan terjadi di hadapannya.
  "Dan siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kamu sanggupi. Apa saja yang kamu nafkahkan pada jalan Allah niscaya akan dibalas dengan cukup kepadamu dan kamu tidak akan dianiaya (dirugikan)."  (QS Al-anfaal-60).
  Ayat di atas maknanya menunjukkan pada s
ikap muslim yang harus menyiapkan dalam setiap peperangan, namun substansinya memiliki kaitan dengan persoalan apa pun yang dihadapi umat Muslim. Termasuk dalam bermuamalah.
  Orang'orang China, dan kemudian orang-orang Barat menggunakan ilmu Perang Sun Tzu sebagai acuan strategi dalam dunia bisnis. Penulis sendiri ,sebagai seorang muslim yang didik keluarga terus mendalami agama dan tak jauh dari Al-Qur'an, menggunakan kitab suci  Al-Qur'an dalam bisnis.


Nah,sekian dulu bagi cara memulai bisnis tanpa modal,jangan pernah Anda merasa bahwa modal adalah segalanya,,tapi diri andalah modal yang utama,. . . .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar